Total Value Locked
Untuk layer-two di atas, bisa juga dinilai dari TVL (Total Value Locked) yaitu seberapa besar aset yang terkunci di blockchain tersebut. Ini menandakan bahwa para komunitas mempercayai keamanan project tersebut.
Salah satu website yang menampilkan data Total Value Locked adalah L2Beat.
Apakah anda telah membaca whitepaper project mereka? Bagaimana menurut anda? Apakah anda yakin bahwa mereka bisa mencapai goal dan target yang telah ditentukan? Seperti apa roadmap mereka, apakah menurut anda achievable?
Yang terakhir ini sering dilewatkan oleh masyarakat. Misalnya saja ada perusahaan yang berdomisili di Indonesia, yang berencana menawarkan sebuah produk untuk menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi jual-beli sehari-hari. Idenya cukup menarik, namun apakah hal seperti ini diperbolehkan oleh Bank Indonesia? Dan apa strategi mereka untuk memenuhi syarat hukum di negara tempat mereka berada?
Bola.com, Jakarta - Simbiosis ialah sebuah hubungan timbal balik di antara dua makhluk hidup yang berbeda. Istilah tersebut dipakai untuk menjelaskan suatu interaksi antarorganisme yang hidup berdampingan.
Tak bisa dimungkiri, makhluk hidup yang ada di bumi semuanya saling bergantung dan berhubungan satu sama lain.
Jadi, simbiosis merupakan sebuah pola interaksi yang sangat erat di antara dua organisme yang mempunyai jenis berbeda. Simbiosis terjadi karena suatu organisme tidak dapat hidup sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain.
Interaksi yang dilakukan tersebut dapat bersifat merugikan, menguntungkan atau netral. Adapun makhluk hidup yang melakukan simbiosis sering disebut dengan simbion.
Mungkin itu sedikit penjelasan mengenai simbiosis. Untuk memahami lebih dalam tentang simbiosis, perlu diketahui juga macam-macamnya. Apa saja macam-macam simbiosis yang ada?
Berikut ini rangkuman tentang macam-macam simbiosis beserta contohnya, seperti dilansir dari laman Seluncur.id, Jumat (19/2/2021).
Kegunaan Token yang Mereka Jual, Jika Ada
Jika mereka menjual sebuah token,
Banyak sekali project-project cryptocurrency yang menjual sebuah token yang tidak jelas gunanya. Maksudnya adalah, token tersebut tidak merepresentasikan apa-apa, dan tidak terlihat koneksi aset tim tersebut dengan token itu sendiri. Jika tidak ada gunanya, buat apa anda memiliki token tersebut?
Exchange yang Menjual Koin/Token Tersebut
Untuk melihat exchange mana saja yang memperjual-belikan sebuah cryptocurrency, kunjungi coinmarketcap.com, cari koin yang anda mau, lalu klik tab “Markets” di bawah (di sebelah “Charts”).
Ethereum – Coinmarketcap.com
Kolom “Source” adalah exchange-exchange yang memperjual-belikan koin tersebut. Sedangkan kolom “Pair” adalah trading pair / currency apa saja yang bisa digunakan untuk membeli atau menjual koin tersebut.
Ide dan Project itu sendiri
Cara Melihat Daftar Altcoin
Cara termudah untuk melihat daftar lengkap altcoin adalah melalui 3 website di bawah ini, dimana anda bisa melihat detail-detail cryptocurrency tersebut seperti:
Cara Review Project Cryptocurrency dan Altcoin
Selain cryptocurrency yang sudah ber-market cap besar, seperti Bitcoin and Ethereum, masih banyak sekali crypto-crypto lain (sebut saja altcoin) yang beredar. Dari ratusan bahkan mungkin ribuan altcoin ini, bagaimana cara me-review untuk mengetahui kualitas mereka?
Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa anda lihat untuk menilai project altcoin tersebut.
Ada 3 macam jenis titik hilang yang perlu kalian ketahui dalam menggambar perspektif.
Mata manusia mampu melihat objek secara realistis. Objek benda yang jauh akan terlihat semakin kecil. Hal ini diadaptasi dalam pembuatan gambar yang menggunakan satu titik hilang, dua titik, atau tiga titik hilang. Gambar yang dibuat sesuai dengan pandangan manusia agar dapat membuat gambar yang diciptakan lebih realistis ini disebut gambar perspektif.
©Source: Photo by Julian Hochgesang on Unsplash
Persepektif berkaitan dengan sudut pandang mata dalam melihat sebuah objek. Terdapat tiga sudut pandang berdasarkan posisi melihatnya, yaitu dari titik tinggi, normal, dan rendah. Sudut pandang tinggi disebut dengan sudut pandang mata burung karena seolah-olah kita dapat melihat objek dari atas atau bawah. Selanjutnya, sudut pandang normal merupakan sudut pandang dari dekat atau dari arah depan, seolah-olah kita memandang lurus dan fokus ke depan. Sementara itu, sudut pandang rendah disebut juga sudut pandang kucing karena seolah-olah kita melihat objek dari bawah, pada posisi tiarap, dan melihat objek yang berada di atas.
Berdasarkan kaidah –kaidah objektif, gambar dibuat dengan satu titik hilang, dua titik hilang, atau titik hilang.
©Source: https://id.pinterest.com
Gambar perspektif satu titik hilang dapat terlihat pada rel kereta api yang sebenarnya sejajar, namun tampak seperti bertemu pada satu titik. Gambar perspektif ini terjadi apabila sebuah objek dilihat menggunakan garis pusat dengan pandangan tegak lurus terhadap salah satu permukaannya, serta garis vertikal dan horizontal yang sejajar dengan bidang gambar. Jika garis-garis horizontal semakin diperpanjang akan tampak gambar yang semakin menjauh dan bertemu pada satu titik pusat pandangan.
©Source: Photo by Tiago Gerken on Unsplash
2. Gambar perspektif dua titik hilang (2 TL)
©Source: https://id.pinterest.com
Secara teknis, perspektif dua titik hampir sama dengan perspektif satu titik. Gambar perpektif dua titik hilang berada pada garis horizontal. Anda akan menemukan gambar perpektif dua titik hilang pada objek yang terlihat pada salah satu sudutnya sehingga seolah-olah objek gambar terfokus pada dua titik di sisi kiri dan kanan.
3. Gambar perspektif tiga titik hilang (3 TL)
©Source: https://id.pinterest.com
Objek gambar pada perspektif tiga titik hilang akan terfokus pada tiga titik, yaitu di sebelah kanan, bawah, dan atas. Gambar perspektif ini dapat dijumpai jika Anda melihat objek dari tempat yang lebih tinggi atau sebaliknya, lebih rendah. Dalam fotografi bisa disebut dengan frog eye angle (tempat lebih rendah) dan bird eye (tempat lebih tinggi)
Nah, demikianlah berbagai gambar perspektif yang dapat dijadikan acuan dan wawasan. Selamat menggambar, salam kreatif!
AMR merupakan slot yang dikembangkan oleh Intel dan hanya ditemukan pada motherboard Pentium 3 dan Pentium 4. Slot ini digunakan untuk memasang kartu dengan chip codec audio dan / atau sirkuit modem.
Sekilas CNR mirip dengan AMR namun mereka berbeda tetapi dapat berdampingan, cieee..... Ehm. Hanya saja CNR digunakan untuk jaringan khusus, audio, dan peralatan telepon. Sebuah produsen motherboard dapat memilih untuk menyediakan audio, jaringan, atau fungsi modem dalam kombinasi apapun pada kartu CNR. Slot CNR biasanya ditemukan pada motherboard Pentium 4. Dan untuk membedakannya ada trik yang mudah dari saya, yaitu:
AMR: notch atau pembatas kakinya ada ditengah-tengah
CNR: notch-nya cenderung ke kanan/ke kiri atau ukurannya tidak sama.
Slot ini(slot yang berarna hitam) merupakan yang paling umum tersedia pada motherboard jenis lama, karena ISA adalah slot orisinil dari sebuah motherboard. Slot ini mulai dipergunakan mulai dari jamannya 286, saat ini sudah jarang digunakan dan ditemukan.8-bit ISA memiliki nilai transfer rate 0,625 MB/sec. Sedangkan sistem yang banyak dipakai saat ini lebih banyak menggunakan 16-bit ISA yang memiliki nilai transfer rate 2 MB/sec.
Tim / Orang-orang dibalik project tersebut
EISA(Enhanced Industry Standard Architecture)
EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda.
MCA dikenalkan pertama kali oleh IBM dan merupakan slot yang lebih unggul dari EISA. contohnya adalah MCA dapat otomatis mengenali jenis card yang dipasang ke dalamnya dan langsung melakukan konfigurasi dasar. MCA juga lebih kuat menghadapi gangguan listrik dan mengurangi error yang kadang terjadi pada slot lain. Namun sekarang sudah menjadi sejarah yang artinya tidak digunakan lagi.
Port Firewire, untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.
05. Port Audio Line Out(Hijau)
Menghubungkan speaker yang akan menghasilkan output suara dari komputer. 06. Port Audio Line In(Biru)
Menghubungkan komputer dengan perangkat input suara.
07. Port Microphone(Merah muda)
11. Port COM 1/Port Serial
Port ini berjenis serial namun lebih dikenal dengan nama port COM 1. COM 1 digunakan untuk menghubungkan periferal komputer dengan motherboard. COM 1 mendefinisikan informasi berdasarkan satuan bit waktu. Kcepatannya pun cukup rendah.
12. Port Keyboard PS/2
Port Keyboard adalah port Input untuk keyboard dengan konektor PS/2. Port ini berwarna ungu.
13. Port Midi/Game(keluar dari gambar, karena jarang ada motherboard yang mempunyai port ini)
Menghubungkan komputer dengan perangkat game, seperti joystick. Port ini mendukung perangkat tambahan yang berhubungan dengan game. Warna portnya adalah kebanyakan kuning.